Makna kata “az zuhd” adalah lawan/ kebalikan dari “ar rughbah” (keinginan). Sedangkan makna yang dikehendaki di sini adalah “ Meninggalkan keinginan terhadap dunia sesuai dengan yang dikehendaki oleh al Quran dan as Sunnah”.

No. Hadits : 2405 Sunan at Tirmidzy

Shalih ibn Abdillah dan Suwaid ibn Nashr telah menuturkan kepada kami, Abdullah ibn al Mubarok menceritakan dari Abdillah ibn Sa’id ibn Abu Hindun dari Bapaknya dari Ibn ‘Abbas berkata, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda :

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِن النّاسِ الصّحّةُ وَالْفَرَاغُ”

“Dua kenikmatatan yang sebagian besar manusia tertipu olehnya, yaitu kesehatan dan waktu luang”.

Penjelasan :

Yang dimaksud di sini adalah kesehatan badan dan keluangan waktu dalam keadaan aman dan tercapainya suatu keinginan. Hadist di atas memberikan makna, bahwasannya kebanyakan manusia lalai dari memanfaatkan dua nikmat tersebut di mana mereka tidak mengisinya dengan amalan-amalan yang bermanfaat buat kehidupan mereka, kemudian mereka pun menyesali kesia-siaan yang telah lalu. Sedangkan penyesalan itu tiada guna, sebagaimana Allah berfirman :

ذَلِكَ يَوْمُ التَّغَابُنِ

“Itulah hari ditampakkan kesalahan”

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda :

“ليس يتحسر أهل الجنة إلا على ساعة مرت بهم ولم يذكروا الله فيها”

“Tidaklah penghuni surga merasa menyesal melainkan atas satu waktu (di dunia) di mana terlewatkan oleh mereka dari berdzikir kepada Allah”

Berkata as Suyuthi “Para Ulama berkata : Bahwasannya seseorang itu melakukan amal ketaatan dalam keadaan cukup dan sehat. Kadangkala seseorang dalam keadaan mampu namun badannya sakit. Begitu juga sebaliknya, terkadang seseorang dalam keadaan sehat namun tidak memiliki keluangan waktu untuk menuntut ilmu ataupun untuk beramal shalih karena dikalahkan oleh kesibukannya dalam urusan dunia. Maka siapa yang memiliki dua nikmat tersebut kemudian tidak dimanfaatkan untuk amal ketaatan, dialah orang yang tertipu dan merugi.

Allah Tabaroka wa Ta’ala berfirman :

وَالْعَصْرِ (1) إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (2) إِلَّا الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (3)

”Demi masa (1) Sesungguhnya manusia berada dalam kerugian (2) Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shalih dan saling menasihati dengan kebenaran dan saling menasihati dengan kesabaran (3) {Al ‘Ashr: 1-3}

Wallohu a’lam walhamdulillahi robbil ‘alamin.

Referensi :

1.        Al Quran al Karim

2.        Sunan at Tirmidzy

3.        Tuhfat al Ahwadzy, syarah sunan At Tirmidzy

About these ads

About Abu Abdirrohman

Abu Abdirrohman

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s