Mu’adz bin Jabal berkata, “Belajarlah ilmu, sebab mempelajarinya karena Allah adalah  khasyyah (melahirkan rasa takut kepada Allah), menuntut ilmu adalah ibadah, mengulanginya kembali adalah tasbih, mencarinya adalah jihad, mengajarkannya kepada orang yang belum mengeahuinya adalah shadaqah, berkorban untuk pemiliknya dalah taqarrub. Ilmu adalah tanda-tanda halal dan haram dan petunjuk jalan bagi penghuni surga.

 Ilmu menjadi penghibur di kala takut, teman di kala sendiri, teman bicara diwaktu sepi, penunjuk di kala suka dan duka, senjata menghadapai musuh, perhiasan di depan kawan. Allah mengangkat seseorang dengannya dan menjadikannya sebagai pemimpin yang diikui teladannya. Perbuatannya menjadi contoh, pendapatnya menjadi rujukan. Malaikat senang bersama mereka, sayap-sayapnya dia rendahkan untuknya. Dimintakan ampunan oleh semua yang kering dan basah, ikan-ikan di laut, ternak dan binatang  buas di darat karena ilmu menghidupkan hati dari kejahilan, dan pelita mata dari kegelapan.

Dengan ilmu seorang hamba akan meraih kemuliaan dan derajat yang tinggi di dunia dan di akhirat. Berpikir dengan ilmu sama dengan puasa, mempelajarinya sama dengan shalat malam. Dengan ilmu kerabat menjadi erat dan dengannya diketahui masalah halal dan haram.Dialah petunjuk amal dan amal adalah pengikutnya. orang-orang berbahagia meraihnya dan menderita bagi mereka yang terhalang darinya.” (Diriwayatkan ibnu Abdil Bar dalam kitab Jami’ Bayanil Ilmi wa Fadlihi, 1/65 dari Mu’adz bin jabal yang shahih adalah ia mauquf)

Sumber ; 102 Kiat Agar Semangat Belajar Membara (judul asli : kaifa tatahammas fi thalabil ilmis Syar’i aktsar min 100 thariqaan lil tahammus li thalibil ilmisy syar’i) oleh Abul Qa’qa’ Muhammad bin Shalih Alu Abdillah; penerbit elBA, Agusus 2005  .

About Abu Abdirrohman

Abu Abdirrohman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s