No. Hadits : 2407

Derajat hadist : Hasan

Bisyr ibn Hilal ash Showwaf al Bashry menuturkan kepada kami, Ja’far ibn Sulaiman menuturkan dari Abi Thariq dari Al Hasan dari Abu Hurairah, dia berkata, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda :

“مَنْ يَأْخُذُ عَنّي هَؤُلاَءِ الكَلِمَاتِ فَيَعْمَلُ بِهِن أو يُعَلّمُ مَنْ يعْمَلُ بِهِنّ؟” فَقَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ: فقُلْتُ أَنَا يَا رَسُولَ الله. فَأَخَذَ بِيَدِي فعَدّ خَمْساً وَقَالَ: “اتّقِ المَحَارِمَ تَكُنْ أَعْبَدَ النّاسِ، وَارْضَ بِما قَسَمَ الله لَكَ تَكُنْ أَغْنَى النّاسِ، وَأَحْسِنْ إِلَى جَارِكَ تَكُنْ مُؤْمِناً، وَأَحِبّ لِلنّاسِ ما تُحِبّ لِنَفْسِكَ تَكُنْ مُسْلِماً، وَلاَ تُكْثِرِ الضّحِكَ فَإِنّ كَثْرَةَ الضّحِكِ تُمِيتُ القَلْبَ”

“Siapakah yang mau mengambil dariku beberapa kalimat, kemudian dia mengamalkannya atau mengajarkan kepada orang yang mau mengamalkannya? Abu Hurairah berkata, maka aku berkata, “Saya (mau mengambilnya)  wahai Rasulullah”. Kemudian beliau menggamit tangan saya dan menghitung lima (hitungan) dan bersabda, “takutilah perkara-perkara yang haram niscaya engkau menjadi sebaik-baik hamba, dan terimalah dengan ridha apa yang Allah tetapkan unukmu niscaya  engkau menjadi orang yang paling kaya, berbuat baiklah kepada tetanggamu niscaya engkau menjadi mukmin sejati, cintailah untuk orang lain apa yang engkau cintai untuk dirimu sendiri niscaya engkau menjadi muslim sejati, dan jangan banyak tertawa karena hal itu akan membuat hatimu mati”.

Penjelasan ;

1. Rasulullah adalah manusia yang sangat menginginkan kebaikan untuk ummatnya, karenanya beliau ajarkan kepada sahabat-sahabatnya apa-apa yang bermanfaat untuk kehidupan dunia dan akhirat mereka.

Allah Ta’ala berfirman ;

لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

”Sungguh telah datang kepada kalian seorang Rasul dari (golongan) kalian sendiri, berat terasa olehnya penderitaan kalian, sangat menginginkan keimanan bagi kalian dan amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang beriman.   {at Taubah : 128}

2. Hadis ini menjelaskan keutamaan Abu Hurairah dikarenakan semangatnya untuk mendapatkan ilmu, mengamalkan dan mengajarkannya kepada orang lain.

3. Hadis ini menunjukkan bahwa tujuan menunut ilmu adalah untuk diamalkan dan kemudian diajarkan kepada orang lain. Bukanlah ilmu itu untuk dipakai mendebat orang–orang bodoh atau digunakan untuk berbangga-bangga di hadapan orang ‘alim.

4. Rasulullah adalah seorang guru yang tawadhu’. Hal ini dibuktikan dengan kesediaan beliau menggamit tangan orang yang hendak diajari oleh beliau.

5. Makna “takut akan perkara-perkara yang haram” adalah hendaknya seorang mukmin senantiasa waspada sehingga tidak terjauh kepada melakukan hal-hal yang haram; sehingga dia akan menjadi hamba yang paling baik. Karena meninggalkan perkara yang haram berkonsekuensi pada pelaksanaan kewajiban.

6. Ridha dengan pemberian Allah maknanya adalah bersikap qana’ah dan tidak rakus terhadap apa yang ada pada orang lain.

7. Berbuat baik pada tetangga adalah dengan tegur sapa, ucapan yang lembut, air wajah yang cerah dan akrab, menjenguk mereka, mendoakan mereka, membantu mereka dan mengutamakan mereka di atas orang-orang yang lebih jauh tempat tinggalnya sehingga dengan itu semua dia dapatkan kesempurnaan iman.

8. Mencintai untuk orang lain apa-apa yang dia cintai unuk dirinya sendiri yaitu pada perkara-perkara yang baik dan ma’ruf, bukan sebaliknya.

9. matinya hati adalah tenggelamnya seorang hamba dalam kegelapan dosa dan maksiat. Diumpamakan dengan kematian karena seperti seorang mayit yang tidak dapat memberikan manfaat buat dirinya dan orang lain, begitu pula seorang yang mati hatinya sehingga dia tidak mampu memberikan manfaat buat dirinya dan orang lain.

Wallohu a’lam walhamdulillahi robbil ‘alamin.

About Abu Abdirrohman

Abu Abdirrohman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s