Bismillah was shalatu was salaamu ‘ala Rasulillah wa’ala alihi wa ashabihi amma ba’d :

Penghujung bulan Ramadhan 1431 H, malam hari Raya Idul Fitri.ย  Sesuai arahan dari Ibu, saya mengantarkan zakat fitri saya ke salah seorang tetangga. Awalnya saya mengira alasan Ibu karena tetangga saya ini termasuk mustahiq/ orang yang berhak menerima zakat. Ternyata beliau adalah salah seorang yang menerima, mengumpulkan dan kemudian membagikan zakat fitrah kepada para mustahiq.

Setiba di sana, saya serahkan beras zakat fitrah kepada beliau. Lantas beliau menuntun saya untuk “melafalkan niat” zakat fitrah. Seperti ini lafalnya :

nawaitu an ukhrija zakatal fitri ‘an waalidy ….(nama anak) fardhan lillahi ta’ala

artinya : aku berniat mengeluarkan zakat fitri dari bapak saya …(nama anak) sebagai sebuah kewajiban semata karena Allah Ta’ala.

Ada yang aneh?

Iya….kenapa zakat fitrah untuk anak malah memakai lafal waalidy (orang tua saya) bukannya memakai lafal waladiy (anak saya) ya? Karena saya mengucapkannya begitu saja sehingga tidak terlintas apa makna yang saya ucapkan. Kalau sudah begini, apakah zakat fitrah dari anak saya itu tidak sah? Mana yang dipakai, niat yang di hati (niat ini sudah benar) atau niat yang diucapkan (niat ini keliru)?

Saya jawab sendiri, tentu saja niat yang di dalam hati yang dipakai. Karena memang Rasulullah tidak pernah mengajarkan melafalkan niat, baik itu untuk wudhu, shalat, puasa, bayar zakat fitrah de el el. Karena niat itu tempatnya di dalam hati. Tidak percaya? silakan buka kitab-kitab para ulama berkenaan dengan niat ๐Ÿ˜‰

wallohu a’lam.

About Abu Abdirrohman

Abu Abdirrohman

Tinggalkan Balasan

