Oleh : Syaikh Shalih al Fauzan

Soal : Wahai Syaikh yang mulia, semoga Allah memberikan taufiq kepada Anda. Apakah ada aturan berkaitan dengan asmaul husna, dan apakah nama-nama Allah terbatas hanya sembilan puluh sembilan (99) nama yang barangsiapa menjaganya maka akan masuk surga sebagaimana disebutkan di dalam sebuah hadits?

Jawab : Aturan/ batasan bagi asmaul husna? Setiap nama yang pasti/ tetap di dalam Kitabullah dan sunnah RasulNya maka kami menetapkannya. Dan nama-nama yang tidak terdapat di dalam Kitabullah dan tidak pula di dalam sunnah Rasulullah shallallohu ‘alaihi wa sallam maka kami meniadakan dan tidak mengimaninya. Inilah batasannya.

Adapun apakah asmaul husna terbatas pada bilangan 99 nama yang siapa menjaganya maka akan masuk surga, sebagaimana disebutkan di dalam hadits, maka (jawabannya) nama-nama Allah tidaklah terbatas (jumlahnya) dan tidak ada yang mengetahui bilangannya kecuali Allah sendiri. Bilangan 99 yang barang siapa menjaganya maka akan masuk surga maksudnya adalah siapa yang mengetahui dan mengamalkannya maka akan masuk surga. Penyebutan bilangan tidaklah bermaksud untuk membatasi, akan tetapi makna yang dikehendaki adalah barang siapa yang mengetahui, meyakini dan mengamalkannya maka akan masuk surga.

Nama-nama Allah tidak diketahui bilangannya (secara pasti) kecuali oleh Allah Ta’ala. Nabi shallallohu ‘alaihi wa sallam bersabda (di dalam doanya), “aku memohon kepadaMu dengan setiap nama bagiMu yang Engkau namai untuk diriMu, atau yang Engkau turunkan di dalam KitabMu, atau yang Engkau ajarkan kepada salah seorang hambaMu, atau yang Engkau simpan di dalam ilmu yang ghaib di sisiMu.”[1] Perkataan beliau “yang Engkau simpan” menunjukkan bahwa ada nama-nama Allah yang tidak diketahui kecuali oleh Allah subhanahu wa ta’ala sendiri.

sumber : Syarah Lum’atul I’tiqad


[1] Dikeluarkan oleh Imam Ahmad di dalam al Musnad 6/246 (3712) dari hadits Abdullah bin Mas’ud.

Iklan

About Abu Abdirrohman

Abu Abdirrohman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s