Setiap orang pasti memiliki ideologi/ keyakinan yang terpatri di dalam hatinya. Dan setiap pemeluk sebuah keyakinan pastilah akan memandang sakral dan mulia apa yang menjadi keyakinannya. Hal ini sudah menjadi fitrah (bawaan) dari dalam dirinya. Maka menjadi aneh apabila ada seseorang yang mengakui (dengan lisannya) bahwa dia menganut sebuah keyakinan tertentu namun di saat yang bersamaan dia meremehkan apa yang menjadi keyakinannya. Tentu patut dipertanyakan kejujuran lisannya.

Tidak jarang terdengar di telinga saya, saudara-saudari seagama (Islam) bercanda dengan melibatkan tema agama. Perhatikan contoh-contoh ucapan mereka berikut ini.

“wah, berarti kamu donk setan-nya” begitu ujar seorang di antara pria dan wanita yang sedang berduaan kemudian datang orang ketiga mengingatkan mereka dengan sebuah hadits dari Rasulullah shallallohu ‘alaihi wa sallam.

“ada syaithonirrojim …ha.ha.” ucap seorang kawan mencandai temannya sambil tertawa-tawa.

“Yang tidak boleh itu kan memandang wanita sesaat. Jadi kalau diterusin malah boleh…” kata seorang teman dengan nada bercanda.

“mau tukeran jenggot nih…” begitu telinga saya mendengar seseorang berucap ketika melintas di depannya.

“gigimu kuat banget ya, sampe akarnya tembus” ucap seorang kawan mengomentari jenggot saya.

Begitu pula ada yang mengomentari celana cingkrang saya dengan sebutan celana kebanjiran.

Demikian sedikit contoh dari sekian banyak kenyataan yang terjadi di lapangan, bagaimana seorang muslim mencemooh dan menjadikan aturan agama sebagai olok-olok dan canda tawa.

Hati saya menjadi bertanya-tanya, benarkah mereka mengimani agama (Islam) ini dengan sebenar-benarnya? Sampai sebegitu jauhkah setan memperdaya sebagian muslim sehingga tidak lagi menghargai aturan (syari’at) agamanya sendiri?

Wallohu a’lam.

Iklan

About Abu Abdirrohman

Abu Abdirrohman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s