Oleh : Syaikh Ibnu Baz rahimahullah

Pertanyaan : Apa hukum membaca basmalah (bismillahirrahmanirrahim) sebelum berwudhu? Apabila seseorang tidak membacanya, bagaimanakah hukum wudhunya? Jazakumullahu khaira

Jawab[1] :

: بسم الله والحمد لله ، والصلاة والسلام على رسول الله ، وعلى آله وصحبه ومن اهتدى بهداه ، أما بعد

Hukum membaca basmalah ketika berwudhu adalah sunnah menurut jumhur ‘ulama, sedangkan sebagian ulama lainnya berpendapat wajib dengan dzikir. Seorang muslim seyogyanya tidak meninggalkannya. Apabila lupa (mengucapkannya) atau karena tidak tahu maka tidak mengapa, wudhunya tetap sah. Adapun sengaja tidak mengucapkan basmalah sedangkan dia tahu hukumnya maka hendaknya dia mengulangi wudhunya sebagai langkah kehati-hatian dan dalam rangka keluar dari perselisihan ulama. Telah datang hadits dari Rasulullah shallallohu ‘alaihi wa sallam :

“Tidak ada wudhu bagi orang yang tidak menyebut nama Allah”[2]

Hadits ini datang dari beberapa jalan, sekumpulan ‘ulama telah menghukumi bahwa haditsnya tidak tsabit, derajatnya dha’if. Al hafidz Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “haditsnya hasan dengan banyaknya jalan (periwayatan)”, sehingga termasuk hadits hasan lighairihi. Hendaknya setiap mukmin bersungguh-sungguh untuk membaca basmalah di awal wudhu. Apabila terlupa atau disebabkan ketidaktahuan maka tidak mengapa.

 


[1] Jawaban diberikan oleh Syaikh (Ibnu Baz) pada tanggal 22/2/1413 H

[2] Dikeluarkan oleh Tirmidziy kitab “Taharah” bab “ma ja’a fit tasmiyah ‘indal wudhu’ ” No. 25; dan Abu Dawud dalam kitab “Taharah” bab “ at Tasmiyah ‘alal wudhu’ “ No. 101.

About Abu Abdirrohman

Abu Abdirrohman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s