Kemaren, Rabu 30 Maret 2011 saya ke kantor pajak terdekat untuk melaporkan SPT tahunan pribadi, sembari membawa beberapa SPT titipan milik kawan-kawan satu kerjaan.

Saya masih heran dan sedikit bingung, kenapa karyawan yang notabene pajaknya sudah dipotong dan dibayarkan oleh perusahaan tempat dia bekerja masih diharuskan melaporkan SPT?? masih pake datang lagi, bukannya didatangi oleh petugas pajak?

Harusnya orang pajaknya sendiri yang datang, dan prioritasnya adalah orang-orang yang kerja swasta, yang memang penghasilannya tidak langsung dipotong pajak. Artinya mereka kebanyakannya memang belum bayar pajak !!

Sepulang dari kantor pajak, masih dalam perjalanan, saya teringat akan pembicaraan dengan salah seorang rekan kerja di tempat kerja yang dulu….

“Kalo dalam agama saya, orang pajak itu siksanya paling berat di neraka” ujar teman saya, seorang nasrani.

Wah, saya baru tahu kalo di agama kristen ada yang seperti itu. Kalo dalam agama Islam sih sudah jelas, pajak itu HARAM hukumnya, dosanya bisa lebih besar dibanding dosa berzina !!!  Saya bayar pajak hanya karena terpaksa…selama masih dalam koridor sabda Nabi shallallohu ‘alaihi wa sallam :

…Akan ada sepeninggalku nanti para pemimpin yang tidak mengambil petunjukku, dan tidak mengambil sunnah dengan sunnahku. Akan muncul pula di tengah-tengah kalian orang-orang yang hatinya adalah hati syaithan dalam wujud manusia”. Aku (Hudzaifah) bertanya : “Apa yang harus aku lakukan jika aku mendapatkannya?”. Beliau menjawab : “(Hendaknya) kalian mendengar dan taat kepada amir, meskipun ia memukul punggungmu dan merampas hartamu, tetaplah mendengar dan taat” [Shahih Muslim no. 1847 (52)]

penjelasan hadist di atas bisa dilihat di http://abul-jauzaa.blogspot.com/2011/03/shahih-hadits-meskipun-ia-memukul.html

Allohu a’lam

About Abu Abdirrohman

Abu Abdirrohman

Tinggalkan Balasan

