Berikut ini salah satu cara -dari sekian banyak cara yang bisa ditempuh- untuk dapat menyelesaikan hafalan Al Quran satu juz tiap bulannya. Sehingga seseorang yang konsekuen mematuhi aturan yang dibuatnya akan dapat menyelesaikan keseluruhan 30 juz Al Quran dengan hafalannya selama 30 bulan bi-idznillah.

 

Metode ini lebih tepat diterapkan kepada para pekerja/ karyawan –seperti penulis- yang memiliki kesibukan dari pagi hingga petang dengan urusan pekerjaan, ditambah bermuammalah dengan keluarganya di malam hari. Namun dengan menyisihkan waktunya antara setengah sampai satu jam setiap hari khusus untuk menghapal Al Quran maka insya Allah akan bisa menyelesaikannya kurang dari 3 tahun.

Point penting yang harus selalu diperhatikan adalah :

  1. Niat yang ikhlas karena Allah Ta’ala
  2. Menghadirkan fadhilah/ keutamaan orang yang menghafal Al Quran
  3. Disiplin yang disertai dengan tekad yang kuat.
  4. Tidak menyerah di tengah jalan apabila menemui halangan atau sementara waktu tersibukkan  oleh hal-hal yang memang penting.
  5. Memakai mushaf yang sama selama menghafal. Dianjurkan memakai ”mushaf pojok”, yaitu mushaf Al Quran yang akhir tiap halamannya berhenti pada sebuah ayat tertentu -dalam arti tidak ada ayat yang terpotong menjadi berbeda halaman-.
  6. Seseorang yang hendak menghafal Al Quran haruslah orang yang sudah lancar membaca dan benar bacaan Al Qurannya.

 

PENERAPAN

 

  1. Tentukan waktunya, yaitu setengah jam sebelum tidur dan setengah jam setelah shalat Shubuh.
  2. Bacalah satu halaman penuh diulang 10 (sepuluh) kali sebelum tidur. Akan lebih berkesan apabila sembari membaca juga mentadabburi maknanya. Pada umumnya dengan cara ini seseorang akan hafal satu halaman tersebut namun masih belum lancar.
  3. Sesi kedua yaitu selepas shalat Shubuh. Bacalah kembali satu halaman yang malam harinya sudah dibaca, sama dengan sebelumnya diulang 10 kali. Namun bacaan pada pagi hari ini biasanya cukup membaca 2 sampai 3 kali dengan melihat mushaf, dan berikutnya mengulang tanpa membaca mushaf. Insya Allah setelah selesai 10 kali membaca satu halaman tersebut akan terekam dalam memori dengan baik.
  4. Ulangi point no. 2 dan 3 di atas setiap harinya dari hari Senin sampai hari Jumat bagi yang waktu kerjanya 5 hari kerja, atau Senin sampai Sabtu bagi yang waktu kerjanya 6 hari kerja. Dengan begitu dalam waktu satu pekan kita akan dapatkan hafalan baru sebanyak minimal 5 halaman.
  5. Gunakan hari libur (Sabtu dan/ atau Ahad) untuk muraja’ah (mengulang-ulang) hafalan yang sudah kita capai selama satu pekan. Hal ini berguna untuk memantapkan kembali hafalan kita terutama hafalan pada hari Senin sampai Rabu yang biasanya sudah mulai sedikit terlupa.
  6. Ulangi rutinitas di atas setiap pekannya. Satu bulan minimal memiliki 4 pekan dan kadang sampai 5 pekan. Artinya, paling tidak dalam satu bulan kita memiliki hafalan baru sebanyak 5 halaman x (dikali) 4 pekan = 20 halaman = 1 juz.
  7. Gunakan satu hari atau dua hari di akhir bulan khusus untuk muraja’ah hafalan 1 juz yang sudah diraih selama satu bulan tersebut.
  8. Bulan berikutnya kita sudah bisa memulai hafalan juz yang baru. Demikianlah kita lakukan rutinitas tersebut sehingga selesai 30 juz.

 

CARA MURAJA’AH

 

Seringkali menjaga hafalan yang sudah didapatkan menjadi lebih sulit daripada memulai hafalan yang baru. Oleh karenanya perlu tips-tips khusus supaya hafalan kita tidak cepat hilang, di antaranya :

  1. Sediakan hari khusus untuk mengulang hafalan
  2. Apabila hafalan sudah cukup banyak (lebih dari 5 juz), sediakan satu pekan khusus untuk muraja’ah seluruh hafalan yang kita punya.
  3. Membaca hafalan kita di dalam shalat-shalat sunnah.
  4. Mengajukan hafalan kita kepada orang yang mampu mengoreksi kesalahan atau kekurangan pada hafalan kita.

 

Demikian, semoga bermanfaat terutama sekali untuk penulis sendiri.

Allohu a’lam.

 

About Abu Abdirrohman

Abu Abdirrohman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s