Tutorial Request Sertifikat (Certificate) Handphone Nokia Symbian

Alhamdulillah akhirnya bisa juga ana menuliskan tutorial request sertifikate (certificate) untuk handphone nokia symbian. Tutorial ini adalah langkah awal dari proses hack hp nokia, yang kemudian tutorial ini akan dilanjutkan lagi dengan tutorial cara hack hp nokia. Sebenarnya tutorial ini adalah proyek lama yang ingin ana tuliskan sejak ana menulis tentang : Menulis Arab di HP Nokia beberapa waktu lalu. Namun karena banyak faktor akhirnya baru terealisasi sekarang ini.

Yang jadi pertanyaan bagi pembaca mungkin adalah : Kenapa harus Request Sertifikat? dan kenapa HP harus di Hack?

Maka sekedar sedikit memberikan penjelasan tentang kenapa harus Request Sertifikat dan kenapa HP harus di hack adalah karena :

Dalam handphone bersistem operasi symbian banyak sekali aplikasi2 yg bertebaran yg support dgn hp tsb, diantaranya aplikasi berformat symbian. Handphone smartphone symbian adalah hp yg memiliki tingkat keamanan tinggi dan punya lisensi atau bersertifikat resmi untuk aplikasi2 yg dapat diinstall disana. Aplikasi yg berformat symbian, ada 2 jenis :

1) aplikasi yg telah bersertifikat (signed), yaitu aplikasi yg sudah memiliki sertifikat resmi nokia dr pembuat aplikasi tsb. Untuk aplikasi ini, mk dapat langsung di install ke hp yg bersangkutan (yg tentunya support d hp tsb) tanpa harus di signed lagi. Dan sertifikasi didalam aplikasi tsb adalah sertifikasi secara global, yaitu sertifikasi dapat di install ke semua tipe handphone symbian yg support thd aplikasi tsb. Misal aplikasi nimbuzz, opera mobile, opera mini, whatsapp, dst.

2) aplikasi yg tidak bersertifikat dan atau bersertifikat tp sudah kadaluarsa. Untuk aplikasi ini, biasanya aplikasi2 yang dibuat tanpa sertifikat atau aplikasi2 yg bersertifikat tapi telah di hack/di crack olh hacker2 hp agar bisa di-install secara full / gratis di hp2. tapi akibat dari hack tersebut, maka aplikasi yang dimaksud sudah tidak bersertifikat resmi lagi. Nah Klo tidak bersertifikat, yaa tentu tidak bisa di install di hp nokia kita, biasanya ada peringatan bahwa sertifikat tidak mendukung atau sertifikat kadaluarsa dll. Maka para hacker mencari celah lagi untuk dapat menembus pertahanan symbian. Akhirnya ada dua cara untuk dapat meng-install aplikasi yg telah di hack tsb, tapi sebelum melakukan 2 cara tersebut kita harus me-request sertifikat (cert & key) khusus utk hape kita, yaitu dgn cara request dgn mengirimkan no imei dan tipe hp kita di forum2 hp tertentu. Setelah kita mendapatkan sertifikat dan key dr situs tsb, barulah kita dapat melakukan 2 cara dibawah ini :

a) Aplikasi tidak bersertifikat (unsigned) tersebut kita buat menjadi aplikasi signed dengan cert & key yg tlh didapatkan. caranya bisa menggunakan aplikasi INI. Jadi setiap ada aplikasi hasil hack/krackkan, maka di signed satu persatu agar bisa di install di hape kita. Tapi ingat aplikasi yg telah di signed tsb hanya bisa di install di hape kita, klo di hape lain krn sertifikatnya berbeda, mk jelas ga bisa di install disana.

b) Cara kedua: Di hack hapenya sekaligus, jadi setelah hp kita di hack maka semua aplikasi unsigned dapat langsung di install di hape kita. cara kedua ini yang lumayan susah, ringkasnya ada beberapa cara hack hp :

  • beberapa hp symbian versi lama (dibawah S60v5), bisa di hack dgn mudah menggunakan aplikasi helloOX. aplikasi helloOX tsb juga aplikasi yg unsigned (tidak bersertifikat), jadi aplikasi helloOX tsb harus di signed terlebih dulu (pake cara signed di no. a). Setelah signed, lalu di instal… bla..bla..bla.. (tidak ana buat tutorialnya karena sudah terwakili dengan aplikasi dibawah ini) akhirnya hape kita sudah di hack.
  • hp symbian semua versi (S60v3, S60v5 dan S^3), bisa di hack dgn menggunakan aplikasi JustHackIt. aplikasi tsb juga aplikasi yg unsigned (tidak bersertifikat) seperti halnya aplikasi helloOX, maka aplikasi tsb harus di signed terlebih dulu (pake cara signed di no. a). Setelah signed, lalu di instal… bla..bla..bla.. (ada tutorial tersendiri) akhirnya hape kita sudah di hack.
  • ada juga cara hack dengan metode flashing, ini bisa juga untuk semua versi hp symbian. caranya agak susah harus dunlod firmware terbaru yg kapasitasnya beragam dan lebih dr 100mb, lalu di flash pake aplikasi phoenix, atau jaf. lalu bla..bla..bla… akhirnya hape kita sudah di hack (belum ada rencana buat tutorial hack ini, krn tiap jenis symbian ada cara khususnya yg agak rumit dan dikhususkan utk Advance User serta memiliki risiko besar jika gagal flashing, yaitu hp mati total)

Disamping itu, manfaat HP Nokia Symbian yang telah di hack adalah kita dapat memodifikasi HP tersebut sesuai dengan keinginan, misal diberikan animasi startup dan shutdown dengan gambar dan suara yang kita mau, memodifikasi tampilan2 hp, memodifikasi icon dan juga mempercepat kinerja HP kita dan lain-lain.

Mungkin itu sedikit penjelasan dari ana Kenapa Harus Request Sertifikat dan Kenapa HP Harus Di Hack

Biar tidak berlama-lama, berikutnya adalah Tutorial Cara Request Sertifikat :

1. Buka situs : http://www.shoujizu.net/en/ (situs ini dulu adalah opda.hk)

2. Jika belum Registrasi, maka daftar dlu disana, jika sudah registrasi tinggal login saja.

3. Setelah login, langsung masuk ke tab “Certificate” lalu ke tab “Apply Certificate”

4. Isi isian Model (misal N97) ; Imei (liat imei dgn cara *#06#) ; Confirm Imei (ulangi isian imei) ; Remark (Terserah, misal N97-Abufaizah). setelah semua diisi, klik “Submit and Upload”, nanti akan muncul halaman “My Certificate”, jika di kolom “State” statusnya sudah “Normal” maka itu certificate sudah keluar/rilis, jika statusnya belum “Normal” misal “Being Process” maka tunggu saja paling lama 1 hari Dicek kembali ke alamat tsb.

5. Jika status sudah “Normal”, maka klik kanan pada link “cer” dibawah kolom operate, lalu “copy link location” (lihat screenshot dibawah jika menggunakan mozilla firefox).

6. Buka tab baru, paste alamat link yg tadi dicopy, lalu ganti kata check dalam alamat link tersebut menjadi down, lalu enter, maka akan ada jendela download/save as atas file cer tersebut. Selesai 1 file cer sudah kita dunlod.

7. Berikutnya kembali ke tab “my certificate”, klik kanan pada link “key” dibawah kolom operate, lalu “copy link location” (lihat seperti langkah 5).

8. Buka tab baru, paste alamat link yg tadi dicopy, lalu ganti kata check dalam alamat link tersebut menjadi down, lalu enter, maka akan ada jendela download/save as atas file key tersebut (lihat seperti langkah 6). Selesai 2 file certificate atas hp kita yaitu “cer” dan “key” sudah kita dunlod ke komputer.

9. Selanjutnya file ini dapat kita gunakan untuk proses hack hape symbian di tulisan berikutnya Insya Alloh, tunggu tanggal mainnya.

10. Alternatif lain, bisa Request di Situs Rusia : http://allnokia.ru/symb_cert/ (tanpa harus registrasi), atau initranslatenya.

Credit to :

About Abu Abdirrohman

Abu Abdirrohman

One response »

  1. andi paciko mengatakan:

    bos tolong buatin cer dan key sya .ime 351979044755395n97 mini tlong dong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s