Allah Ta’ala berfirman :

 

اتَّخَذُوا أَحْبَارَهُمْ وَرُهْبَانَهُمْ أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللَّهِ

 

Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah… (At Taubah : 31)

Imam Abu Ja’far ath Thabariy rahimahullah menyebutkan sebuah atsar dalam tafsir beliau :

 

Dari ‘Adiy bin Hatim dia berkata, “Aku mendatangi Rasulullah shallallohu ‘alaihi wa sallam dengan memakai salib emas di leherku. Beliau bersabda, “Wahai ‘Adiy, buang berhala dari lehermu itu !”. Aku pun membuangnya. Aku tiba ketika beliau sedang membaca Surah Bara’ah sampai pada ayat ‘Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah. Aku katakan, ‘Wahai Rasulullah, kami tidaklah menyembah mereka !’ Beliau pun bersabda, “Bukankah mereka mengharamkan apa-apa yang Allah halalkan, kemudian kalian pun mengharamkannya. Dan mereka menghalalkan apa-apa yang Allah haramkan kemudian kalian pun ikut menghalalkannya?” Saya berkata, “Benar.” Beliau bersabda, “Demikianlah (bentuk) penyembahan pada mereka!”

 

Jadi, “menyembah” itu tidak mesti dengan “sujud atau shalat atau yang semisalnya”. Akan tetapi bentuk “ketaatan, kerelaan, ketundukan (yang datang dari hati)” terhadap apa-apa yang melanggar/ menentang aturan agama Islam itu pun termasuk “bentuk penyembahan”. Imam ath Thabariy membawakan beberapa atsar lainnya yang menegaskan pengertian tersebut di atas, di antaranya dari Hudzaifah dan Ibnu ‘Abbas radhiyallohu ‘anhum.

 

Ayat di atas juga mengisyaratkan tercelanya taklid buta dalam masalah agama bagi orang-orang yang berakal yang mampu mendengar dan melihat. Ketaatan dengan alasan ‘madzhab’ atau ‘kelompok’ terhadap para ulama padahal ternyata diketahui menyelisihi Kitabullah dan sunnah Rasulullah yang telah jelas, kemudian sampai kepadanya hujjah dan penjelasan, maka ketaatan tersebut adalah sama persis seperti ketaatan orang-orang yahudi dan nasrani terhadap para rahib dan pendeta mereka. (lihat tafsir Fathul Qadir).

 

Allohu a’lam.

About Abu Abdirrohman

Abu Abdirrohman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s