Picture 048_ed01Semenjak saya belajar dan mengetahui sedikit tentang i’rab (tata bahasa Arab), ada ganjalan dan pertanyaan di kepala saya setiap kali saya membaca ayat ke-3 surah at-Taubah :

وَأَذَانٌ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ إِلَى النَّاسِ يَوْمَ الْحَجِّ الْأَكْبَرِ أَنَّ اللَّهَ بَرِيءٌ مِنَ الْمُشْرِكِينَ وَرَسُولُهُ

Yaitu tepatnya pada kata (وَرَسُولُهُ).

Pertanyaannya adalah : kenapa dibaca dhammah (yaitu rafa’), bukan fathah (yaitu nashab) yakni dibaca “wa rasulahu”? Saya mengira kata “rasul” ‘athaf kepada kata “Allah” yang di-nashab-kan dengan adanya huruf “anna”.

Bertahun-tahun saya lewati ayat ini dengan pertanyaan yang serupa tanpa menemukan jawabannya, sampai akhirnya –setelah kurang lebih 16 tahun!- sesaat setelah membaca ayat tersebut, saya teringat adanya kitab “I’rabu al-Quran” di dalam program “Maktabah Syamilah” yang sudah tertanam di laptop saya. Saya pun coba mencari jawabannya sampai saya temukan seperti berikut :

Bab 15 : Dibuangnya al-Jar dan al-Majrur….Sungguh ada yang demikian itu pada (dibuangnya) khabar-nya mubtada’. …sampai pada kalimat : dan firmanNya :

أَنَّ اللَّهَ بَرِيءٌ مِنَ الْمُشْرِكِينَ وَرَسُولُهُ

Yaitu kalimat lengkapnya adalah :

ورسوله برئ من المشركين

Di lain tempat dijelaskan juga –yaitu pada bab “al-Mahdzuf Khabaruhu” (Khabar yang dibuang) :

“Dan Allah Ta’ala berfirman :

أَنَّ اللَّهَ بَرِيءٌ مِنَ الْمُشْرِكِينَ وَرَسُولُهُ

Yaitu kalimat lengkapnya adalah :

رسوله بريء

Maka (pada kalimat di atas) khabar-nya dibuang. Pendapat lain menyatakan bahwa kata”rasuluh” tersebut ‘athaf kepada dhamir-nya kata “بريء”.

—–

Alhamdulillah, wallohu a’lam.

About Abu Abdirrohman

Abu Abdirrohman

Tinggalkan Balasan

