Pemandangan para jamaah shalat hingga dijalan-jalan raya mungkin dianggap hal yang sudah biasa di negara negara yang mayoritasnya beragama Islam, apalagi pemandangan seperti itu juga akan lebih sering kita kemui di kota kota suci Islam, katakanlah Mekah dimana kota ini menjadi salah satu kota utama bagi muslim diseluruh dunia. Saat panggilan azan shalat tiba para jamaah akan mendatangi masjid terdekat untuk shalat berjamaah, kalaupun tidak memungkinkan jemaah shalat di jalan saat panggilan shalat tiba menjadi hal biasa disini.

 

Tapi bagaimana di kota seperti London di Inggris? beberapa hari lalu tepatnya saat hari Jum’at dimana umat Islam utamanya muslim berkewajiban menjalankan ritual shalat Jum’at di naungan bayangan gedung pencakar langit di wilayan London square mile terlihat ratusan muslim dengan khusuk menjalankan ibadah shalat Jum’at berjamaah.

 

 

Tepatnya di Masjid Brune Street, di Spitalfields ratusan muslim berkumpul untuk berjamaah menjalankan shalat Jum’at. Diwilayah ini memang banyak komunistas Asia Selatan dan muslim lainnya berbaur untuk ibadah, tampak disamping mereka ibadah beberapa mobil mewah seperti Bentley terparkir.
Kapasitan masjid yang hanya mampu menampung 100 jemaah tidak lagi cukup terisi dengan kehadiran 300 jemaah yang antusias untuk shalat berjamaah. Salah seorang jamaah yang diwawancarai media mengatakan beberapa tahun terakhir ini komunitas muslim di Inggris meningkat cukup signifikan.
Beberapa media sekelas Daily Mail pun menjadikan topik kali ini sebagai Kota Mekah di Inggris, sebuah warna baru dari spirit kehidupan beragama di negeri ini.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s