MUQADDIMAH 02

AL QAWA’ID AL FIQHIYYAH (القواعد الفقهيّة)

Penulis : Syaikh ‘Abdurrahman Ibn Nashir As Sa’diy rahimahullah

 

ثمّ الصلاة معْ سلامٍِ دائِم       علي الرسولِ القرَشيّ الخاتم

Kemudian shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah ke atas Rasulullah shallallohu ‘alaihi wa sallam, seorang dari suku Quraisy yang menjadi penutup para Rasul.

وآلِه وصَحبه الأبرارِ       الحائزي مَراتِبَ الفخار

Dan (shalawat dan salam semoga juga tercurah ke atas) keluarga beliau dan sahabat-sahabat beliau yang shalih, pemilik martabat yang mulia.

Penjelasan[1] :

Shalawat (الصلاة) yang datangnya dari Allah Ta’ala bermakna : pujian Allah Ta’ala kepada hambaNya, sehingga darinya diperoleh kebaikan.

Salam (السلام) mengandung makna menolak kejelekan dan marabahaya.

Rasul (الرسولِ) adalah seorang laki-laki yang diberikan wahyu syari’at dan diperintahkan untuk menyampaikan kepada kaumnya.

Penutup (الخاتم) yaitu Allah Ta’ala menjadikannya sebagai penutup para Nabi dan Rasul. Maka tidak ada seorang Nabi pun yang diutus setelah beliau shallallohu ‘alaihi wa sallam.

Keluarga Nabi : mereka adalah pengikut beliau dari kalangan kaum muslimin sampai hari kiamat tiba. Maka termasuk di dalamnya adalah para sahabat beliau. Adapun penyebutan kata “sahabat” di dalam bait di atas termasuk ‘athfu al khash ‘ala al ‘am (عطف الخاصّ علي العامّ)[2] disebabkan keistimewaan dan kemuliaan mereka dengan ilmu yang bermanfaat, amal yang shalih serta kesempurnaan takwa yang mengantarkan mereka kepada kemuliaan dunia dan akhirat.


[1] Penjelasan diambil dari syarah Syaikh as Sa’diy sendiri.

[2] Yakni disebutkannya “sahabat” sebagai sesuatu yang khash (khusus) mengikuti sesuatu yang umum (yaitu keluarga Nabi), meskipun yang khash itu sudah termasuk ke dalam jenis yang umum.

About Abu Abdirrohman

Abu Abdirrohman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s