عَنْ عَبْد الله بْن عَمْرو بْنِ الْعَاص، وَأبي هُرَيرةَ، وَعَائِشَةَ رَضِى-اللّه تَعَالَى عَنْهم قالوا: قالَ رَسُولُ الله صَلَّى اللَه عَلَيْهِ وسَلَّمَ: ” وَيْلٌ لِلأَعْقابِ مِنَ النَّار

Dari Abdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash dan Abu Hurairah dan ‘Aisyah radhiyallohu ‘anhum berkata, Rasulullah shallallohu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Celakalah bagi tumit-tumit dari api neraka” [Bukhari (60), Muslim (241),Abu Dawud (97), Nasai (1/77,78)].

Makna Asing

“tumit” maksudnya di sini adalah orangnya, yaitu orang yang tumitnya tidak terkena air wudhu.

Makna Umum

Nabi shallallohu ‘alaihi wa sallam memperingatkan orang yang menyepelekan dan menganggap remeh wudhunya, sekaligus menganjurkan untuk memperhatikan kesempurnaan wudhu. Karena pada umumnya air wudhu tidak sampai membasahi tumit sehingga orangnya memiliki kekurangan dalam bersuci dan shalatnya, maka Nabi shallallohu ‘alaihi wa sallam memberitahukan bahwa azab akan menimpanya dan menimpa orang yang asal-asalan dalam bersuci.

 

Faidah :

  1. Wajib memperhatikan anggota wudhu dan menjaga supaya tidak ada yang terlewat. Teks hadist menyebutkan tumit, sedangkan anggota wudhu yang lainnya dianalogikan darinya.
  2. Ancaman yang berat bagi orang yang melewatkan salah satu bagian anggota wudhunya.
  3. Yang wajib adalah mencuci kaki ketika berwudhu. Inilah yang didukung oleh dalil-dalil yang shahih dan ijma’/ kesepakatan ummat. Berbeda dengan pendapat ganjil dari syi’ah yang menyelisihi kebanyakan umat Islam. Mereka juga telah menyelisihi hadist-hadist tentang perbuatan wudhu Nabi dan pengajaran beliau kepada para sahabat beliau, sebagaimana mereka menyelisihi qiyas yang kuat bahwasannya mencuci kaki itu lebih utama dan lebih membersihkan dibandingkan dengan mengusap.

—-

Sumber : Taisir al-‘Allam Syarh ‘Umdatu al-Ahkam, Abdullah bin Abdur-Rahman al-Bassam (secara ringkas).

About Abu Abdirrohman

Abu Abdirrohman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s