Oleh : Syaikh Shalih bin Fauzan bin Abdullah al-Fauzan

Pertanyaan :

Syahadat (persaksian) Laa Ilaaha Illa-Llah (Tiada sesembahan selain Allah) adalah kunci –masuk- agama Islam. Apakah orang yang sekedar mengucapkannya masuk ke dalam cakupan Islam, tanpa beramal sama sekali? Dan apakah agama-agama samawi lainnya, selain agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad shallallohu ‘alaihi wa sallam, juga terdapat pokok yang asal ini?

Jawab :

Barangsiapa yang mengucapkan syahadat Laa Ilaaha Illa-Llah dan Muhammadur-Rasulullah maka dihukumi dengan keislamannya pada awalnya dan terjaga darahnya. Apabila dia beramal secara lahir dan batin sesuai konsekuensi syahadat maka dialah muslim sejati. Baginya kabar gembira di dunia dan akhirat. Apabila dia beramal secara lahiriah saja maka dihukumi muslim pada dzahirnya dan bermuammalah dengannya sebagaimana muslim lainnya. Sedangkan secara batin dia adalah munafik, Allah yang akan menghisabnya.

Adapun orang yang tidak beramal sesuai konsekuensi Laa Ilaaha Illa-Llah dan sekedar mencukupkan dengan ucapan syahadat atau beramal menyelisihi syahadat maka dihukumi murtad dan bermuammalah dengannya sebagaimana dengan orang-orang yang murtad.

Apabila beramal sesuai konsekuensi syahadat sebagiannya saja dan meninggalkan amalan lainnya maka dilihat lagi : jika dia meninggalkan amalan yang menyebabkan murtad maka dia dihukumi murtad. Misalnya orang yang meninggalkan shalat dengan sengaja atau orang yang beribadah kepada selain Allah.

Apabila dia meninggalkan amalan yang tidak menyebabkan murtad maka dia tetap dianggap sebagai mukmin yang kurang imannya sesuai dengan kadar amalan yang dia tinggalkan. Misalnya para pelaku dosa selain dosa syirik.

Hukum yang terperinci ini juga ada di dalam syari’at –agama- samawi.

Sumber : Fatawa Syaikh Shalih Fauzan

arabic :

1 ـ شهادة أن لا إله إلا الله هي مفتاح دين الإسلام، وأصله الأصيل؛ فهل من نطق بها فقط؛ دخل في دائرة المسلمين؛ دون عمل يذكر‏؟‏ وهل الأديان السماوية – غير دين الإسلام الذي جاء به محمد صلى الله عليه وسلم – جاءت بنفس هذا الأصل الأصيل‏؟‏
* من نطق بشهادة أن لا إله إلا الله وأن محمدًا رسول الله؛ حكم بإسلامه بادي ذي بدء، وحقن دمه‏:‏
فإن عمل بمقتضاها ظاهرًا وباطنًا؛ فهذا مسلم حقًا، له البشرى في الحياة الدنيا والآخرة‏.‏
وإن عمل بمقتضاها ظاهرًا فقط؛ حكم بإسلامه في الظاهر، وعومل معاملة المسلمين، وفي الباطن هو منافق، يتولى الله حسابه‏.‏
وأما إذا لم يعمل بمقتضى لا إله إلا الله، واكتفى بمجرد النطق بها، أو عمل بخلافها؛ فإنه يحكم بردته، ويعامل معاملة المرتدين‏.‏
وإن عمل بمقتضاها في شيء دون شيء؛ فإنه يُنظَر‏:‏ فإن كان هذا الذي تركه يقتضي تركه الردة؛ فإنه يحكم بردته، كمن ترك الصلاة متعمدًا، أو صرف شيئًا من أنواع العبادة لغير الله‏.‏ وإن كان هذا الذي تركه لا يقتضي الردة؛ فإنه يُعتبر مؤمنًا ناقص الإيمان بحسب ما تركه؛ كأصحاب الذنوب التي هي دون الشرك‏.‏
وهذا الحكم التفصيلي جاءت به جميع الشرائع السماوية‏.‏ 

About Abu Abdirrohman

Abu Abdirrohman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s