Pertanyaan : 

Assalamu alaikum,

Mohon pencerahan bagaimana hukumnya berwudu di dalam kamar mandi dimana pada kamar mandi tersebut terdapat toilet (tempat buang hajat besar), begitu pulah dengan mandi junub di ttempat tersebut?, terima kasih sebelumnya.

Wassalam,

Jawaban :

Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh,

Jawaban pertanyaan antum ini saya cantumkan fatwa syeikh Bin Baz :

Apakah hukumnya orang berwudu di dalam kamar mandi, apakah wudhunya sah??

Jawab :

tidak mengapa berwudu di dalam kamar mandi, jika diperlukan, dan mambaca basmalah di awal wudhunya. Karena membaca basmalah adalah wajib menurut sebagian ahli ilmu, dan sunat muakad (ditegaskan) menurut kebanyakan ulama. maka orang tadi membaca basmalah disebabkan keperluan, hukum makruh pun hilang. Karena hukum makruh bisa hilang saat ditemukan keperluan untuk membaca basmalah. Dan manusia diperintahkan untuk membaca basmalah di awal wudhunya, maka orang tadi membaca basmalah dan lalu menyempurnakan wadhuknya.

Adapun tasyahud (doa setelah wadhuk) maka dibaca setelah keluar dari kamar mandi (WC). Maka kalau orang tadi telah selesai dari wadhunya, lalu keluar dan membaca tasyahud (doa setelah wudhu) di luar kamar mandi. Adapun kamar mandi hanya diperuntukkan untuk wudhu, bukan untuk baung air kecil dan buang air besar, maka ini tidak mengapa ia membaca doa wudhu di tempat itu, sebab tempat itu bukanlah tempat untuk buang hajat (BAK dan BAB).

Syeikh bin bazz “majmu’ fatawa wa maqolaat ” jilid 11.

Tambahan :
Pertanyaan yang sama diajukan pada kajian rutin Ust. Abdul Hakim bin Amir Abdat hari sabtu tanggal 16 Agustus 2008 di masjid mubarak krukut. Dan beliau menjawab boleh termasuk mengucapkan basmalahnya, hanya saja beliau menegaskan terlarangnya mengucapkan basmalah ketika/saat seseorang buang hajat baik buang air kecil maupun air besar. semoga bisa membantu.
——–
disalin dari milis assunnah dengan sedikit suntingan teks/ penulisan.

About Abu Abdirrohman

Abu Abdirrohman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s